Penggilingan Padi di Kadungora Garut Dilalap Sijago Merah

  • Bagikan

JabarUpdate.id – Dinas Pemadam Kebakaran (Disdamkar) Garut dalam satu hari melakukan beberapa penanganan kebakaran. Setelah menangani kebakaran peternakan ayam di Desa Mekargalih, Kecamatan Tarogong Kidul, pada Jum’at malam, (5/2/2021), kembali menangani kebakaran di wilayah Kampung Jati RT 01 RW 04, Desa Cikembulan, Kecamatan Kadungora, Kabupaten Garut. Kali ini, objek yang terbakar adalah penggilingan padi.

Informasi kebakaran pertama kali diterima sekitar pukul 23.19 WIB via telepon darurat di markas komando Disdamkar Kabupaten Garut, Jalan Merdeka Garut.

Satu unit kendaraan pancar dan satu unit kendaraan water supply diturunkan untuk menangani kejadian ini. Setibanya di lokasi kebakaran, tim Disdamkar Garut langsung bereaksi cepat untuk melakukan pemadaman.

Setelah diselidiki lebih lanjut, api berasal dari bagian penyaringan debu (filter bag). “Api berasal dari percikan las yang mengenai debu tebal yang berasal dari filter bag, kemudian menyambar kain-kain berukuran kecil dan merambat dengan cepat,” ujar Wawan Sobarwan selaku Kepala Bidang Operasi dan Penyelamatan Disdamkar Garut.

Berkat kecekatan tim pemadam, akhirnya api bisa dipadamkan dengan cepat dan bisa meminimalisir kerugian yang lebih besar. Sekitar Sabtu (06/02) dini hari pukul 00.55 WIB penanganan telah selesai dilakukan. Selama melakukan penanganan, tim pemadam dibantu oleh Polsek Kadungora, Koramil Kadungora, dan karyawan pabrik.

Menurut Wawan, akibat kejadian ini, kerugian ditaksir mencapai 5 Juta Rupiah, meliputi kerusakan alat penggilingan padi, dan terbakarnya dedak beras. Beruntung, kerugian yang lebih besar dapat dicegah. Tim pemadam berhasil menyelamatkan pabrik penggilingan padi dengan luas sekitar 20 x 30 meter persegi.

Wawan didampingi Kepala Seksi Operasi Kebakaran Disdamkar Garut, Dhany Ramdhany, mengimbau kepada masyarakat untuk selalu waspada akan bahaya kebakaran. “Apalagi dengan bangunan yang di dalamnya terdapat mesin-mesin operasional untuk dapat memiliki alat proteksi kebakaran semisal APAR (Alat Pemadam Api Ringan), sprinkler, heat detector, hydrant dan sebagainya yang berfungsi sebagai langkah awal dalam penanganan kebakaran.” pungkasnya.

Berita Pilihan  26 Orang Meninggal dalam Kecelakaan Maut di Sumedang
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *